Pages - Menu

Minggu, 26 April 2015

3 Kata Sederhana yang Mulai Hilang

3 Kata Yang Sering Dilupakan dalam kehidupan sehari-hari, sejatinya setiap insan sebagai makhluk sosial melangsungkan interaksi dengan insan yang lainnya guna saling memenuhi kebutuhan satu sama lain, mempererat silaturahmi, dll. Namun, sadarkah anda? Ada tiga kata penting yang mungkin hampir sering kita lupakan saat kita berinteraksi dengan orang lain.

Pertama, “Maaf”. Kata maaf tidak boleh terlewatkan seharipun dalam kehidupan kita. Tentunya baik disadari ataupun tidak, baik disengaja ataupun tidak, kita pasti mempunyai kesalahan terhadap orang lain baik dari segi ucapan maupun perbuatan. Untuk itu, sesekali selipkanlah kata “maaf” dalam pembicaraan kita. Dengan mengucapkan kata maaf, kedekatan emosional akan terasa lebih dekat dan berkurangnya rasa dengki terhadap orang lain.
Kedua, “Tolong”.  Kita sebagai makhluk sosial pastinya membutuhkan bantuan oranglain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagaimana contohnya saat seorang ibu di rumah menyuruh anaknya untuk berbelanja atau contoh lain seorang atasan menyuruh karyawannya untuk mengambilkan sesuatu. Namun, baik disadari atau tidak ketika kita sedang meminta tolong jarang sekali menyisipkan kata “tolong”. Padahal, dengan seperti itu orang akan merasa lebih dihargai.
Ketiga, “Terimakasih”. Sadarkah Anda? Hal-hal kecil yang terlihat sepele justru harus dianggap penting. Sudahkan anda selalu mengucapkan “terimakasih” saat orang lain memberikan jasa kepada kita? Contoh kecil kepada tukang ojeg. Setelah naik ojeg, kebanyakan orang langsung membayar ongkos dan bergegas ke tempat tujuan. Padahal, alangkah baiknya selagi kita memberikan ongkos, ucapkanlah “terimakasih” kepada tukang ojeg tersebut. Hal demikian, setidaknya akan memunculkan emosional yang positif kepada tukang ojeg tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar